Selasa, 08 September 2015

5 hari bersama Amorphophallus titanum, jenis bunga raksasa dari Sumatera


      Share pengalaman kali ini adalah ketika saya dan tim melihat bunga Amorphophallus titanum. Bagi saya ini adalah kesempatan ke-2 saya melihat secara langsung di habitatnya. Lokasi tumbuh yang jaraknya tidak jauh dari basecamp kami membuat ini semua semakin terasa istimewa. Ya, lima hari bersama Amorphophallus titanum si bunga bangkai raksasa dari Sumatera. Bagaimana tidak, setelah diukur bunga ini memiliki tinggi 226 cm.
      Amorphophallus titanum merupakan salah satu jenis bunga bangkai yang secara alami hanya terdapat (endemik) di Sumatera. Dinamakan bunga bangkai karena pada saat bunganya mekar maka akan mengeluarkan bau yang aromanya menyerupai bangkai. Pada kondisi tertentu, bau tersebut masih dapat tercium sampai jarak 200 meter. Bau ini berfungsi untuk menarik serangga/ kumbang penyerbuk bunganya. Di Tapanuli, bunga bangkai raksasa ini disebut atturbung.
      Selanjutnya, langsung lihat foto-foto yok...




      Foto-foto di atas diambil tanggal 1-3 September 2015, sedangkan tanggal 4 September 2015 masih mirip sekali dengan tanggal 3 September 2015, hanya sedikit semakin layu. Pada tanggal 5 September 2015, bagian yang menjulang (spadix atau tongkolnya) sudah rebah.
      Sampai di sini dulu ya informasinya, trimakasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar